Informasi Dunia Pendidikan | Tips Trik | PHP | SEO


Cara Pendaftaran SNMPTN 2015

Cara Pendaftaran SNMPTN 2015

Pada postingan sebelumnya Ans Project telah memberikan Informasi mengenai Tips dan Strategi Lulus SNMPTN 2015. Nah kali ini, Ans Project akan memberikan informasi mengenai Cara Pendaftaran SNMPTN 2015. Pendaftaran SNMPTN 2015 kini sudah bisa dilakukan kembali bagi para siswa kelas XII Tingkat SMA/SMK/MA yang hendak ingin melakukan pendidikan lebih lanjut ke Perguruan Tinggi Negeri untuk Tahun akademik 2015.

Sebelum pendaftaran SNMPTN, ada baiknya kita mengetahui 3 Tahapan pendaftaran SNMPTN terlebih dahulu yaitu :
  1. Siswa membuat pendaftaran SNMPTN
  2. Siswa memfinalisasi pendaftaran SNMPTN (pendaftaran tidak dapat diubah lagi)
  3. Siswa memperoleh nomor pendaftaran SNMPTN dan mencetak kartu tanda peserta
Berikut ini Tata Cara Pendaftaran SNMPTN 2015 :
1. Buka alamat https://web.snmptn.ac.id/
2. Masukkan NISN dan password yang didapatkan dari Kepala Sekolah untuk login ke PDSS seperti gambar di bawah ini :
Form Login Siswa
Form Login Siswa
3. Pilih menu Pendaftaran pada daftar menu di atas setelah Anda login
4. Formulir pendaftaran terdiri dari 4 bagian
  • PTN Pilihan 1
  • PTN Pilihan 2
  • Unggah foto
  • Formulir Pendaftaran
5. Pilihan PTN dan Program Studi
  • Anda dapat memilih maksimum 3 program studi
  • Anda dapat memilih maksimum 2 perguruan tinggi
  • Anda dapat memilih maksimum 2 program studi untuk tiap perguruan tinggi
  • Salah satu dari perguruan tinggi yang dipilih harus berada di provinsi yang sama dengan sekolah Anda (kecuali untuk provinsi Sulawesi Barat, Kalimantan Utara, dan sekolah RI di luar negeri - karena tidak ada perguruan tinggi untuk provinsi tersebut)
  • Urutan PTN dan program studi menentukan prioritas pilihan. Siswa akan diseleksi dari proritas pertama (PTN pilihan 1 dan program studi pilihan 1). Jika tidak lolos seleksi, maka siswa akan diseleksi untuk pilihan berikutnya.
Klik pada nama PTN untuk menampilkan daftar program studi untuk PTN tersebut seperti gambar dibawah ini
Daftar PTN
Pemilihan Daftar PTN

6. Kemudian pilih program studi yang diinginkan, lihat gambar !
Program Studi
Pemilihan Program Studi
7. Mengunggah pas Foto

Unggah Pas Photo
Unggah Pas Photo
   Foto yang diunggah harus memenuhi syarat sebagai berikut :
  • Wajah siswa terlihat jelas
  • Pakaian rapi
  • Rasio foto 4 banding 6 dengan ukuran minimum 400 (lebar) x 600 (tinggi) pixel
  • Format JPEG (.jpg)
  • Ukuran file tidak lebih dari 1 MB

8. Mengisi Formulir Pendaftaran
    Untuk mengisi formulir pendaftaran, dapat melihat gambar dibawah ini :
Form Pendaftaran
Form Pendaftaran SNMPTN
9. Bagi yang mengambil jurusan Olahraga maupun Seni, wajib melengkapi portofolio.
    Pilih menu Portofolio pada daftar menu di atas.
Portofolio Keterampilan
Portofolio Keterampilan
10. Nah bagi peserta Bidikmisi, siswa wajib memverifikasi dengan memasukkan KAP dan PIN yang diperoleh dari pendaftaran Bidikmisi yaitu dengan cara :
  • Pilih menu Bidik Misi pada daftar menu di atas
  • Masukkan KAP dan PIN
  • Sistem akan memverifikasi KAP dan PIN Anda ke sistem Bidik Misi
  • Siswa peserta Bidik Misi tidak dapat memilih program studi dari Universitas Islam Negeri (UIN/IAIN)
Verifikasi Bidik Misi
Verifikasi Bidik Misi

11. Tahap berikutnya yaitu melakukan proses Finalisasi Pendaftaran.
Finalisasi Pendaftaran
Finalisasi Pendaftaran

Setelah semua data telah dimasukkan, Siswa harus memfinalisasi pendaftaran, setelah difinalisasi pendaftaran tidak dapat diubah lagi. Kemudian pendaftaran yang dilakukan oleh Siswa akan direkomendasikan oleh Kepala Sekolah. Setelah direkomendasikan, Siswa dapat mengunduh kartu peserta SNMPTN.
12. Tahap terkahir yaitu mencetak Kartu Pendaftran SNMPTN 2015
    Proses mencetak kartu pendaftran dengan cara mengklik tombol Unduh Kartu Peserta, seperti gambar dibawah ini :
Proses Pengunduhan Kartu Peserta
Proses Pengunduhan Kartu Peserta
Kartu Peserta SNMPTN
Kartu Peserta SNMPTN

Nah jadi kesimpulannya, Pendaftaran SNMPTN tahun ini tidak jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya dan Pendaftaran SNMPTN sangat mudah dikerjakan apalagi sudah dilengkapi dengan Tutorial Cara Pendaftaran SNMPTN 2015.

Bagi siswa yang ingin mendownload tutorial dalam bentuk PDF juga tersedia disini

phpbego-download

Sekian post tentang Cara Pendaftaran SNMPTN 2015 jika ada pertanyaan mengenai tutorial ini, Anda bisa menanyakan dikolom komentar, mudah-mudahan postingan ini dapat bermanfaat bagi seluruh siswa kelas XII tingkat SMA/MA maupun SMK. Terima kasih.
mas andes
Terimakasih atas kunjungannya brother yang baru saja membaca artikel berjudul Cara Pendaftaran SNMPTN 2015.
Share Artikel

Artikel Terkait

106 comments

Terima kasih sudah memberikan informasi mengenai tutorial Pendaftaran SNMPTN 2015!

bagaiman cara membatalkan finalisasi pendaftran SNMptn 2015 karena ada yang ingin dirubah

wah info smnptn yang dicari nih
thanks ya

Untuk membatalkan finalisasi Pendaftaran SNMPTN 2015, Bapak bisa login menggunakan akun sekolah, kemudian klik tombol Batal Finalisasi. Terima kasih !

bagaimana cara membatalkan siswa yg telah mendaftar pada snmptn 2015?

Cara membatalkan siswa yang telah mendaftar pada SNMPTN yaitu Login menggunakan akun sekolah, kemudian klik tombol batalkan, maka siswa tersebut tidak direkomendasi atau dibatalkan pendaftarannya oleh pihak sekolah.

apabila sudah dibatalkan pendaftaran oleh pihak sekolah, apa saya masih bisa mengulangi pendaftaran SNMPTN?

Bisa asalkan kamu benar-benar mengikuti SNMPTN 2015 tersebut dengan mengisi data yang konkrit bukan hanya untuk mencoba-coba.

mau tanya. saya kan daftar di seni musik, trus saya keliru mengunggah file ppt nya ke seni tari. cara membatalkannya gimana ? makasih :)

Kalau keliru mbak bisa mengunggah kembali PPT nya, tetapi kalau mbak pengen membatalkannya, mbak cukup ganti jurusan seni musiknya ke jurusan yang lain. Terima kasih !

yang sudah di unggah itu apa nggak bisa dihapus ? pengaruh apa enggak sama jurusan yang saya pilih ?

Kalau mbak ganti jurusannya, otomatis file yang mbak unggah batal.

saya mendaftar bidikmisi, saat pendaftaran SNMPTN saya memfinalisasi pendaftaran terlebih dahulu kemudian memverifikasi bidikmisi dengan memasukkan KAP dan PIN, apakah akan mempengaruhi pendaftaran SNMPTN saya?

Sebenarnya tidak berpengaruh karena ketika kita memasukkan KAP dan PIN ternyata diterima, yang jelas pada saat mencetak kartu SNMPTN nanti di bulan April tertulis bahwa status Anda sebagai penerima Bidik Misi

tetapi di halaman pendaftaran snmptn, kartu pendaftaran saya kok tidak muncul?dan dihalaman bidikmisi di menu seleksi snmptn nama perguruan tinggi dan prodi yg saya pilih kenapa tidak muncul?

Pada SNMPTN 2015, Kartu Pendaftaran muncul pada tanggal 14 April 2015. Kemudian untuk Bidikmisi memang tidak ditampilkan nama perguruan tinggi dan Prodinya, karena sudah ditampilkan di Kartu SNMPTN nanti yang akan dicetak di bulan April.

terima kasih y mas atas informasinya...

bagaimana kalau saya sudah memverifikasi pendaftaran SNMPTN, tinggal finalisasi aja. cuma tiba-tiba orang tua tidak mengizinkan, jadi ingin membatalkan apakah bisa? gimana caranya? mohon jawabannya, terima kasih

Kalau kamu belum memfinalisasi pendaftaran, itu berarti data yang kamu input tidak akan terkirim. Jadi secara otomatis kamu tidak terdaftar atau pendaftaran SNMPTN nya batal.

oh begitu.. itu juga tidak akan mempengaruhi indeks sekolah kan?

Iya, tidak akan mempengaruhi indeks sekolah !

Bagi yang ikut bidim misi, bagaimana kalau idah finalisasi snmptn tapi gak verifikasi bidikmisi? Apa berpengaruh sama snmptn nya?
Mohon di jawab ....

SNMPTN nya tidak berpengaruh tetapi Anda tidak termasuk golongan peserta Bidikmisi karena status Bidikmisi tidak di verifikasi. Terima kasih !

Saya ingin bertanya, jika sekolah sudah membatalkan finalisasi saya dan saya sudah merubah data diri saya, apakah ini akan mempengaruhi data data milik teman teman saya? Mohon penjelasannya.. Terimakasih..

tidak akan mempengaruhi data milik teman teman Anda. Karena data yang diubah adalah data Anda.

selamat sore..
saya ingin bertanya...
adik saya sudah melakukan finalisasi pendaftaran, namun ia ingin merubah pilihan jurusann yang telah dipilihnya tersebut...
apakah masih bisa atau tidak ya??
terimakasih....

Untuk melakukan proses perubahan data seperti mengganti pilihan jurusan, adik Anda dapat membatalkan finalisasi terlebih dahulu. Yang dapat membatalkan finalisasi adalah pihak sekolah. Jadi adik Anda segera menghubungi pihak sekolah untuk melakukan pembatalan finalisasi, sehingga adik Anda dapat merubah pilihan jurusannya. Terima kasih !

Maaf mau tanya..
Saya sudah finalisasi SNPTN saya... tapi pin bidikmisi saya tidak input... saya ingin membatalkan, tapi pihak sekolah bilang tidak bisa dibatalkan.. jadi bagaimana solusinya..???
Terimakasih

Anda ingin membatalkan apa sekarang? Kalau membatalkan Bidikmisi tidak bisa, tetapi kalau ingin membatalkan SNMPTN bisa!
Kalau Anda ingin memasukkan KAP dan PIN Bidikmisi Anda ke SNMPTN tetapi sudah di finalisasi, itu bisa saja dimasukkan tanpa membatalkan finalisasi SNMPTN.

Ka, saya menvifikasi bidikmisi setelah finalisasi snmptn,apa saya terdaftar peserta bidikmisi snmptn?

Iya, kamu tetap terdaftar sebagai peserta Bidikmisi walaupun kamu sebelumnya sudah memfinalisasi pendaftaran SNMPTN.

Kemarin saya lapor sekolah untuk batal finalisasi, akhirnya saya finalisasi ulang. Apakah ada pengaruh/resiko terhadap proses seleksi?

Saya mau Tanya saya udah finalisasi tpi foto sayang kurang rapi berpengaruh gk ?

Tidak ada pengaruhnya mas Stevanno Hero !
Karena Anda akhirnya memfinalisasi pendaftaran.

Berpengaruh, karena ketentuan di SNMPTN bahwa Foto yang di upload adalah foto yang terbaru, rapi, rasio dan sesuai dengan ukuran yang telah ditentukan.

kalau belum difinalisasi dan sudah pada lewat batas waktu itu gimana? ada resikonya dan solusinya kah?

Resikonya tidak ada hanya saja Anda tidak terdaftar sebagai pendaftar SNMPTN

Foto saya rasio nya udah bner tpi bagian bawah nya kurang di crop jadi lengan bawah nya keliatan gitu , gmn tuh?

Ya sudah ngk kenapa!
Yang jelas fotonya rapi, rasio dan ukurannya sesuai.
Lagian kalau pun diubah tidak bisa lagi karena batas pendaftaran telah berakhir.

Thanks artikel nya sangat membantu dan berkualitas, semoga calon mahasiswa SNMPTN 2015 lulus dan di terima di PTN pilihan mereka. :)

kalau ingin membatalkan bidik misi itu bagaimana?

Bidik Misi tidak dapat dibatalkan apabila sudah diverifikasi pada pendaftaran SNMPTN.

saat sudah membatalkan finalisasi dan ternyata waktu pendaftaran snmptn sudah di tutup apa bisa daftar lg ?

bagaimana caranya agar bisa memasukkan pin dan kap tanpa harus membatalkan finalisasi ? karna saat saya klik tab bidikmisi di situs snmptn tidak muncul apa apa...

Apabila Anda sudah membatalkan finalisasi dan waktu pendaftaran SNMPTN telah berakhir, maka Anda tidak terdaftar sebagai Calon Peserta SNMPTN 2015.

Coba Anda cek kembali KAP dan PIN di Bidikmisi Anda, apakah KAP dan PIN bidikmisi Anda didaftarkan untuk SNMPTN?

Jika tidak terdaftar KAP dan PIN SNMPTN di Bidikmisi Anda maka tab Bidikmisi disitus SNMPTN tidak muncul.

kalau lupa finalisasinya ternyata udah lewat tanggal, masih boleh minta dari pihak sekolah untuk memfinalisasikannya ?

Tidak bisa, karena batas finalisasi telah berakhir.

Gan mau tanya dong,kalo ukuran kartu peserta snmptn itu berapa ya?apa satu kertas A4 full soalnya pas ane print,segitu ukurannya gan tapi pas ane liat di google lebih kecil ukurannya ga sampai satu kertas full malah.Mohon bantuannya gan.Trims.

Pagi :) , saya jg mau tanya itu, ukuran kertas kartu peserta SNMPTN berapa? Dan kartu itu digunakan pada saat daftar ulang atau di kirim ke universitas, mohon bantuanny, mksih..

Sebaiknya menggunakan kertas berukuran A4, dan kartu tersebut digunakan pada saat pendaftaran ulang jika anda dinyatakan lulus SNMPTN. Terima kasih atas pertanyaannya !

Sebaiknya menggunakan kertas berukuran A4, tetapi jika tidak sesuai gunakan saja kertas berukuran F4 (Folio)

Mas photo saya dikartu snmptn kok tak muncul ya, padahal jelas di pdss snmptn saya sudah mengupload photo 400x 600 pixel. Dan kalo diakses situsnya photo saya jelas terpampang. Tapi kok di kartu snmptnnya begini ya? https://www.flickr.com/gp/131883263@N03/vbJS40 mohon solusinya

Coba lihat jenis foto apa yang saudara Tio uploadkan!
Kemudian lihat juga ukuran dari foto yang mas tio uploadkan!

foto yang saya upload berukuran 4X6, tetapi mengapa tetap tidak muncul di kartu snmptn saya?

Mungkin foto yang Anda upload berkapasitas tinggi atau foto tersebut tidak berformat .jpg. Jadi hal itu yang membuat foto Anda tidak muncul di kartu SNMPTN. Terima kasih !

ukurannya 972kb mas, format jpg

jadi kalau photo kartu snmptn tak muncul, nanti bermasalah gak mas kedepannya? apa masih bisa finalisasi dibatalkan sekolah? mohon solusinya

Untuk finalisasi tidak dapat dibatalkan. Solusinya cuma satu, pada saat pendaftaran ulang, saudara Tio cetak saja bukti pendaftaran mas Tio dan nnti kabari ke pihak Universitas bahwa foto di kartu mas tidak dapat tampil.

Mas kalau mau input kap dan sim bidikmisi di snmptn sekarang apakah msih bisa ? Dengan cara pembatalan finalisasi oleh sekolah bisa ?

Tidak bisa mas Fathur Tyo, berhubung batas finalisasi telah berakhir.

Jikasudah cetak kartu, langkah apalagi yg harus dilakukan?

Saya ingin bertanya jika sudah finalisasi tapi belum cetak kartu snmptn tp batas waktu sudah habis bagaimana ya?

Saya ingin menanyakan,, jika saya lupa mengunduh/mencetak kartu peserta SNMPTN, apakah saya tidak akan memiliki kesempatan untuk mengikuti jalur undangan ??
tetapi saya sudah melakukan persyaratan persyaratan sebelumnya , seperti verifikasi nilai dan finalisasi,, hanya tinggal mencetak kartu SNMPTN.
saya berniat mengunduh kartu tersebut malam ini , tetapi sudah lewat masa pengunduhan yaitu jam 22.00 , sedangkan saya baru membuka web jam 23.00 .

bagaimana solusi tersebut ??
terima kasih ^^
mohon tanggapannya ^^

sama ,, semoga aja masih diberi perpanjangan untuk mengunduhnya ,, :3

Langkah selanjutnya menunggu hasil pengumuman SNMPTN pada tanggal 9 Mei 2015, jika siswa tersebut dinyatakan Lulus/Diterima maka kartu yang sudah dicetak agar ditanda tangani dan dibawa pada saat pendaftaran ulang ke universitas yang dinyatakan lulus. Terima kasih !

Jawaban utk Pertanyaan Mbak Tri Septi dan Mas Laudy Pio :
Kalau Anda lupa mengunduh / mencetak kartu peserta SNMPTN Anda hanya dapat menunggu hasil pengumuman SNMPTN pada tanggal 9 Mei 2015 dan kalau Anda dinyatakan Lulus/Diterima maka Anda hanya bisa menghubungi panitia SNMPTN yang berada di Universitas yang menyatakan Anda Lulus. Mungkin itu solusi dari saya !

Terima kasih telah memberi sedikit waktu untuk menjawab pertanyaan dari saya ^^
ternyata saya mendapat kabar dari panitia SNMPTN 2015 , bahwa.. " periode pencetakan kartu peserta diperpanjang hingga tanggal 9 Juni 2015. Silahkan untuk membuka pendaftaran web SNMPTN kembali. "

Sekali lagi saya ucapkan kepada kak Ans Ritonga yang sudah menyempatkan sedikit waktunya untuk menjawab pertanyaan dari saya ^^

saya mendapat kabar dari panitia SNMPTN 2015 , bahwa.. " periode pencetakan kartu peserta diperpanjang hingga tanggal 9 Juni 2015. Silahkan untuk membuka pendaftaran web SNMPTN kembali. "

Iya terima kasih juga mas Laudy Pio atas informasi terbarunya mengenai perpanjangan waktu pencetakan kartu SNMPTN.

mas bagaimana cara ganti foto di kartu snmptn pnya saya belum ukuran 4 x 6 jelek banget makasih

Mas,kalau saya lupa pass log in pdss yg sudah difinalisasi solusi nya apa ya?
Dan kalau tidak mencetak kartu bukti pendaftaran,apakah universitas masih mau melayani?terimakasih,mohon bantuannya.

Jawaban atas Pertanyaan dari Kreasijaskes
Mengganti foto untuk kartu snmptn tidak dapat diulangi kembali berhubung waktu penguploadtan atau pengisian form registrasi SNMPTN telah berakhir. Terima kasih atas pertanyaannya dan mohon maaf jika ada kekurangan.

Kalau mas lupa untuk login pdss mas bisa menghubungi pihak sekolah untuk mereset password mas Roses Bloom.
Kartu snmptn adalah tanda bukti bahwa mas adalah pendaftar snmptn yang telah direkomendasikan oleh pihak sekolah dan itu adalah sebagai syarat utama pada saat pendaftaran ulang.

Mas ..
Pada saat saya mau mengunduh kartu snmptn tapi tdk tertera sbgai peserta bidikmisi..karna lupa masukin kap dan pin nya
Apa saya bisa masih sbgai peserta bidikmisi?

Kalau menurut saya tidak bisa Mas, soalnya batas penginputan KAP dan PIN bidikmisi sudah berakhir. Tapi nggak ada salahnya untuk mencoba kembali penginputan KAP dan PIN, mana tau diberi tenggang waktu. Terima kasih

saya sudah Lulus tes mau mendaftar ulang kartu tes nya udah basah yang saya ingat nomor tes gimana solusinya?

Bagaimana cara mengganti data formulir snmptn 2016 yang telah difinalisasi?

Bagaimana cara mengganti data formulir snmptn 2016 yang telah difinalisasi?

Bagaimana cara memperbaiki data formulir SNMPTN 2016 yang telah di finalisasi? Kesalahan NIS dan UP

Untuk biaya pendidikan sekolah, tulisan yg benar gmna yah?

Kak saya mau tanya bagaimana membatalkan Finalisasi snmptn
Saya sudah tanya pihak sekolah katanya tidak bisa, Lalu bagaimana solusinya Kak
Sekian terima kasih

apakah tidak berpengaruh atau sebagainya? apa resikonya?
saya juga ingin merubah foto.

Kak saya salah ketik nis saya , saya malah ketik nisn bkn nis. Berpengaruh tidak dlm penyeleksian snmptn ini?
Bagaimana cara saya untuk mengubah nya?

Kesalahan tsb juga saya alami, saya sdh telpon ke call center snmptn nomornya 08041450450, katanya kesalahan pengisian NIS tidak berpengaruh dalam proses tsb

kak saya juga salah menuliskan nis menjadi nisn apakah saya harus membatalkan finalisasi dengan melapor ke pihak skolah? tapi itu tidak berpengaruh kepada kesemapatan saya untuk lulus snmptn kan?tolong dibalas :(

Selamat malam kak. Kak, adik saya udah daftar snmptn 2016, tetapi dia salah isi tanggal lahir. Lalu, data tersebut telah difinalisasi. Apa masih bisa diubah? Dan jika tidak bisa diubah apa akan berpengaruh pada penyeleksian kak? Terima kasih.

tolong dibalas..., saya salah menulis nik dan sudah difinalisasi.Apakah itu akan membuat saya gagal dalam seleksi atau apa akibatnya??!!

Selamat siang kak, saya sudah finalisasi tp saya lupa mencetak kartu snmptn,dan saya juga tidak terlalu yakin akan lulus. lalu bagaimana kelanjutannya? Apa saya masih bisa melihat pengumumannya? Terimakasih

Selamat siang kak, saya sudah finalisasi tp saya lupa mencetak kartu snmptn,dan saya juga tidak terlalu yakin akan lulus. lalu bagaimana kelanjutannya? Apa saya masih bisa melihat pengumumannya? Terimakasih

File kartu peserta SNMPTN 2016 saya terhapus, apakah masih bisa di download filenya? Sementara jadwal downloadnya 20 Maret-21 April? Mohon bantuannya bagaimana caranya supaya saya tetap ikut SNMPTN?

Pagi kak mau tanya kalau lupa mengunduh kartu snmptn 2016 gimana ya kak? Saya sudah bertanya ke situs dan mencari info ngga ada yang ngebalas, mohon bantuannya kak

Sore kak,sy sdh finalisasi snmptn tp blm dftar bidik misi,jika diterima snmptn apakah sy bs menggunakan kap atau pin sbm atau simak

bagaimana jika saya lupa mengunduh kartu pendaftaran bro?

bagaimana jika saya lupa unduh kartu pendaftaran bro ? :(

Assalamu'alaikum kak
Mohon bantuannya, bagaiaman kalau kita lupa mngunduh kartu pndaftarn nya. Sdgkan waktunya sudah habis ? Dan tidak ada prpnjngan waktu 😖
Wasslam

Gimana ya cara nya mencetak kartu snmptn lagi, sebelum nya saya lupa mencetak, kata nya ada perpanjangan waktu lg tp sampe skrg belum bisa, tolong bantuan dan infonya ya mksh

kalau nisnya salah dan yang ditulis malah nisn berpengaruh nggak buat snmptn?

kalau nisnya malah ditulis nisn gimana,ada pengaruhnya nggak sama snmptn

kalau tidak ada KTP perlu pakai nomor apa, untuk kolom NIK?

kalau nisnya salah dan yang ditulis malah nisn berpengaruh nggak buat snmptn? Tolong direspon

Gunakan bahasa yang baik dan sopan
Berkomentarlah sesuai artikel yang di bahas
Berkomentar dengan link aktif akan di hapus
Apabila artikel ini bermanfaat, share ke jejaring sosial.