Informasi Dunia Pendidikan | Tips Trik | PHP | SEO


Mengenal Google Adsense

Mengenal Google Adsense

Artikel siang ini, Ans Blog Project berbagi artikel tentang Mengenal Google Adsense. Google AdSense tentu bukan perkara baru lagi dalam dunai Blogger, apalagi orang tersebut (blogger) adalah pengelola jaringan internet. Kehadiran Google AdSense benar-benar membantu para pemilik situs / blogger. Karena dapat memberikan keuntungan dan wibawa bagi yang mengeluti Blogger yang sudah memilik Google AdSense di blognya.

Menurut situs resmi Google bahwa Google AdSense adalah cara gratis dan sederhana bagi semua penayang situs web, besar maupun kecil, untuk memperoleh uang dengan menampilkan iklan Google yang bertarget di situs web mereka. AdSense juga memungkinkan Anda untuk menyediakan penelusuran Google kepada pengguna situs Anda dan memperoleh penghasilan dengan menampilkan iklan Google pada laman hasil penelusuran.

Google AdSense

AdSense adalah program kerjasama periklanan melalui media Internet yang diselenggarakan oleh Google. Melalui program periklanan AdSense, pemilik situs web atau blog yang telah mendaftar dan disetujui keanggotaannya diperbolehkan memasang unit iklan yang bentuk dan materinya telah ditentukan oleh Google di halaman web mereka. Pemilik situs web atau blog akan mendapatkan pemasukan berupa pembagian keuntungan dari Google untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung situs, yang dikenal sebagai sistem pay per click (ppc) atau bayar per klik.

Selain menyediakan iklan-iklan dengan sistem bayar per klik, Google AdSense juga menyediakan AdSense untuk pencarian (AdSense for Search) dan iklan arahan (Referral). Pada AdSense untuk pencarian, pemilik situs web dapat memasang kotak pencarian Google di halaman web mereka. Pemilik situs akan mendapatkan pemasukan dari Google untuk setiap pencarian yang dilakukan pengunjung melalui kotak pencarian tersebut, yang berlanjut dengan klik pada iklan yang disertakan pada hasil pencarian. Pada iklan arahan, pemilik situs akan menerima pemasukan setelah klik pada iklan berlanjut dengan tindakan tertentu oleh pengunjung yang telah disepakati antara Google dengan pemasang iklan tersebut.

Kebijakan program AdSense
Program AdSense memberikan keuntungan yang besar, Google menetapkan aturan ketat untuk melindungi kepentingan semua pihak yang terlibat, termasuk pemasang iklan yang sering dirugikan oleh tindakan tidak terpuji pemilik situs anggota program AdSense. Beberapa larangan Google yang harus ditaati pemilik situs web atau blog peserta program AdSense adalah:
  1. Mengklik iklan yang ditampilkan situs milik sendiri, baik dengan cara manual atau dengan bantuan perangkat lunak khusus
  2. Dengan sengaja mendorong pengunjung situs untuk mengklik iklan yang ditampilkan, misalnya dengan kata-kata “klik iklan ini” atau “kunjungi halaman ini”
  3. Mengubah bentuk dan ukuran unit iklan yang telah ditentukan Google
  4. Membuat pranala langsung menuju halaman hasil pencarian AdSense untuk pencarian
  5. Mengisi secara otomatis kotak pencarian AdSense dengan Kata kunci tertentu
  6. Memanipulasi target iklan dengan katakunci tersembunyi atau dengan IFRAME
  7. Kode unit iklan AdSense harus ditempatkan langsung pada kode html Situs web tanpa perubahan. Pemilik situs tidak diperbolehkan mengubah kode AdSense dengan alasan apapun, misalnya dengan tujuan menampilkan hasil klik di jendela pop up atau mengalihkan target iklan.

Optimisasi Penghasilan AdSense
Potensi keuntungan mengikuti program AdSense membuat banyak pemilik situs web mengembangkan berbagai metode untuk meningkatkan jumlah klik pada iklan yang mereka tayangkan. Sebagian metode terbukti ilegal dan melawan kebijakan resmi program AdSense. Metode yang lain diperbolehkan, bahkan didorong penggunaannya oleh Google. 

Beberapa metode yang dianggap sah adalah:
  1. Memodifikasi warna unit iklan menggunakan palet warna yang disediakan AdSense
  2. Meletakkan unit iklan pada posisi tertentu pada halaman web yang dianggap memiliki tingkat keterbacaan tinggi
  3. Menghilangkan garis tepi unit iklan dan menyamakan warna latarnya dengan warna latar halaman web sehingga unit iklan terlihat membaur dengan isi halaman
Banned Google AdSense
Banned Google Adsense adalah sebuah larangan menampilkan iklan google di situs web publisher, dimana sangsi ini dijatuhkan oleh google adsense bagi publisher yang melanggar kebijakan program. Banned google ada beberapa macam, pertama iklan dinonaktifkan sehingga iklan tidak bisa tampil pada salah satu halaman tertentu yang dianggap melanggar kebijakan program. Kemudian situs dinonaktifkan sehingga situs web tidak bisa menampilkan iklan di semua halamannya. Dan yang terakhir adalah akun adsense dinonaktifkan, ini adalah hukuman bagi pelanggaran berat sehingga publisher tidak bisa lagi menampilkan iklan di semua situs web miliknya dan tidak diperbolehkan lagi mendaftar di google adsense secara permanen.

Dengan memasang iklan Google di website anda, pastinya anda akan mendapatkan uang dari Google AdSense. Uang yang anda dapat adalah uang yang Google tagihkan kepada para pemasang iklan dan jaringan iklan yang ada. Selanjutnya, anda dapat memilih bagaimana cara menerima pembayaran Google AdSense adalah salah satu fitur dari Google yang merupakan suatu cara yang mudah dan gratis bagi para pemilik website untuk mendapatkan uang dengan menampilkan iklan Google (Google Ads) di websitenya.

Nah cukup sekian postingan tentang Google AdSense yang disadur langsung dari situs resmi Google AdSense dan Wikipedia. Semoga bermanfaat.
Sumber: 
  • https://support.google.com/adsense/answer/9712?hl=en
  • http://id.wikipedia.org/wiki/AdSense
  • http://bos-tutorial.blogspot.com/2014/02/pengertian-google-adsense-dan-cara.html
mas andes
Terimakasih atas kunjungannya brother yang baru saja membaca artikel berjudul Mengenal Google Adsense.
Share Artikel

Artikel Terkait

3 comments

Boleh juga ni info dan artikelnya, makasih banyak ya gan??

Oke Mas Kiwil Herbal, sama-sama.

wah saya sendiri belum diterima" diadsense

Gunakan bahasa yang baik dan sopan
Berkomentarlah sesuai artikel yang di bahas
Berkomentar dengan link aktif akan di hapus
Apabila artikel ini bermanfaat, share ke jejaring sosial.